Wednesday, August 13, 2014

Puzzle Kehidupan

Terkadang kita harus tersesat lebih dulu untuk dapat menemukan jalan yang sesungguhnya, 
agar kita bisa yakin dan bersyukur. 

sebuah kalimat yang bisa saya ucapkan saat ini, setelah ketersesatan dan usaha untuk menyalahi takdir (agak berat bahasnya :p). 
Dulu, saya sama sekali tidak ingin menjadi guru, karena kedua orang tua saya bekerja di bidang pendidikan, bahkan saya memiliki sebuah yayasan pendidikan, makanya saya faham betul prospek dunia pendidikan seperti apa. Maka dari itu ketika saya iseng ikut PMDK, saya ambil jurusan tersebut yang berbeda dengan pendidikan yang dikembangkan oleh orang tua saya, dan jurusannya pun atas saran ibu saya. Baiklah saya ikuti. 
Akibat keisengan itu, saya tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia dengan jurusan Pendidikan Luar Biasa -saat ini sudah berganti nama menjadi Pendidikan Khusus-, selayaknya mahasiswa lain yang memiliki cita-cita seabreg dan melambung tinggi saya percaya akan nasihat "jurusan itu tidak penting, yang penting sarjana" tentunya memiliki harapan untuk nanti bekerja di luar dunia pendidikan. Sampai dengan saya dinyatakan sebagai sarjana pendidikan, saya masih belum tertarik pada dunia pendidikan.
Setelah lulus, saya mencari-cari pekerjaan yang di luar dunia pendidikan. saya pernah mencoba di instansi pemerintahan bukan sebagai pegawai, mencoba menjadi karyawan di perusahaan asing, dan rasanya ntahlah.. tidak ada kebahagian hakiki walaupun mungkin sallary yang saya terima cukup besar jika dibandingkan dengan sallary seorang guru. Percayalah, kebahagian itu tidak bisa hanya diukur dengan uang. Pada tanggal 30 Juni 2014 saya mengajukan resign dari tempat saya bekerja, Alhamdulillah akhirnya diizinkan walaupun dengan penuh rasa tidak tega. 
Tepat pada tanggal 14 Juli 2014, saya mulai mengajar di sebuah sekolah khusus untuk siswa gifted, yaitu siswa yang memiliki intelegensi tinggi diatas rata-rata (IQ diatas 130 dalam skala Wechsler), kreativitas tinggi, serta motivasi dan komitmen kerja yang juga tinggi.  
Disini saya merasa bahagia, karena saya bisa bertemu dengan anak-anak yang istimewa. Banyak pengalaman yang saya dapatkan disini, pengalaman yang berbeda dari pengalaman sebelumnya.

Dan sampai saat ini saya belum tahu, Allah akan mengantarkan saya kemana lagi setelah saya bertemu dengan anak-anak istimewa ini. Karena saya percaya, semua yang terjadi dalam diri saya atas kehendak Allah SWT. Thanks God :) 

1 comment:

  1. semangat bu guru,,
    nikmat yang sungguh luar biasa ketika kita bisa bersama makhluk imut penuh keunikan dan darimereka kita dapatkan banyak hal
    terutama ilmu kehidupan
    wilujeng tugas bu guru'
    salam untuk murid2nya yaa

    ReplyDelete